Permainan Kosakata (Vocabulary
Games)
Permainan bahasa Inggris yang pada kesempatan
kali ini dibahas adalah permainan bahasa Inggris mengenai kosa kata (vocabulary games). Permainan kosa kata (vocabulary games) berisi beberapa permainan yang
tentunya untuk memberi siswa kesempatan untuk melatih kosa kata (vocabulary) dan ungkapan (expression) bahasa
Inggris yang telah mereka pelajari tentunya dengan cara yang
menyenangkan. Berikut di bawah ini adalah permainan bahasa Inggris
mengenai kosa kata (vocabulary). Semoga
bermanfaat.
1. Observe and Remember
·
Tujuan: Untuk menguji kemampuan siswa dalam
mengamati (observe) dan mengingat (remember) kosa kata.
·
Tingkatan: Semua (elementary,
intermediate atau advance)
·
Peralatan dan materi: Macam-macam benda kecil
dan mudah diidentifikasi.
'Observe and Remember' adalah cara yang baik untuk
menguji kemampuan siswa dalam mengamati dan mengingat saat mereka belajar
mengenai kosa kata (vocabulary) bahasa inggris.
Sebelum
kelas dimulai, kumpulkan berbagai macam benda kecil yang mudah diidentifikasi
sepeti pesil, penghapus, penggaris, pulpen, buku, sendok, kancing baju, lem
atau benda apa pun yang tentunya sesuai dengan tingkatan bahasa siswa. Letakkan
benda-benda tersebut di meja di depan kelas.
Siswa
diminta untuk maju ke depan dan amati benda-benda tersebut yang tentunya dengan
batas waktu, misalkan siswa dibatasi mengamati benda-benda tersebut selama 2
menit, kemudian siswa diminta untuk kembali duduk. Instruksi kan siswa untuk
mengambil pensil dan kertas dan mulai untuk menuliskan nama-nama benda yang
sudah diamati dalam bahasa Inggris. Ketika siswa kembali duduk tutup
benda-benda yang diamati dengan kain atau apa pun agar siswa tidak melihat
benda-benda tersebut. Batasi waktu ketika siswa menuliskan benda-benda yang
sudah diamati misalkan selama 5 menit.
Setelah
waktu yang diberikan untuk menuliskan benda-benda tersebut habis, siswa diminta
lagi untuk maju kedepan untuk memberikan nama-nama benda tersebut dan
menyebutkan nya satu per satu. Siswa yang paling banyak menuliskan dan
menyebutkan benda dengan benar ialah pemenangnya.
Jumlah
benda yang digunakan dalam permainan 'Observe and Remember'
haruslah sesuai dengan tingkatan bahasa siswa. Untuk tingkat dasar (elementary) bisa menggunakan 12 benda, untuk tingkatan
menengah (intermediate) bisa menggunakan 15-20 benda, dan
untuk tingkatan atas (advance) bisa menggunakan 25-30
benda.
2. Word Matching
·
Tujuan: Untuk melatih kombinasi
antara synonyms (persamaan kata)
dan antonyms (lawan kata)
·
Tingkatan: Menengah (intermediate) dan atas (advance)
·
Peralatan dan materi: pensil dan kertas
Untuk
beberapa alasan kita sering memikirkan benda atau objek dengan pasangannya baik
persamaan kata atau lawan katanya; ketika kita mendengar satu kata, kita sering
mencari lawan atau persamaan kata tersebut. Hal tersebut juga menarik bagi
pengajar bahasa Inggris dan juga dapat menghibur serta berguna.
Persiapkan
daftar kata-kata yang tentunya mudah untuk di cari lawan kata atau persamaan
katanya, seperti hot-cold, big-little dan lain
sebagainya. Permainan dimulai dengan pengajar membacakan kata-kata yang sudah
dipersiapkan sebelumnya satu persatu dengan jeda waktu yang relatif singkat,
misalkan satu menit. Siswa diminta untuk menuliskan persamaan kata atau
perlawanan kata (tergantung perintah pengajar) dengan cepat. Siswa yang
menuliskan persamaan dan perlawanan kata dengan benar terbanyak dia lah
pemenangnya.
Contoh
Perlawanan kata
Hot-Cold
|
Rich-Poor
|
Wet-Dry
|
Pass-Fail
|
Big-Little
|
Right-Wrong
|
Noisy-Quiet
|
Hungry-Thirsty
|
Tall-Short
|
Happy-Sad
|
Girl-Boy
|
Sharp-Dull
|
Fat-Thin
|
Sick-Well
|
Aunt-Uncle
|
Fast-Slow
|
Knife-Fork
|
High-Low
|
Sell-Buy
|
Clean-Dirty
|
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< UPDATE 2015 >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
3. Blindfold
·
Tujuan: Untuk mendeskripsikan kosakata
(vocabulary) yang berbentuk kata benda materi (material nouns).
·
Tingkatan: Semua (elementary, intermeidate,
dan advance)
·
Peralatan dan materi: Penutup mata (kain atau
selendang), Benda-benda sesuai dengan apa yang di ajarakan (pensil, buku,
penghapus, dll).
Misalkan kita sedang mengajarkan anak tentang things in the classroom (benda-benda yang ada di kelas). Setelah kita telah mengajarkan kosakata tersebut ke siswa, baik cara penulisan maupun pengucapan, untuk melatih deskripsi siswa kita bisa menggunakan permainan blindfold di atas. Sebelum menginjak ke permainan, alangka baiknya jika siswa di ajarkan ungkapan-ungkapan deskripsi sederhana (untuk elementary) seperti: "it is big", "it is long", it is sharp", "it is heavy".
Menginjak ke permainan, siswa seperti biasa diminta untuk menutup mata mereka dengan kain atau selendang yang sudah dipersiapkan. Setelah semua siswa tertutup matanya, guru akan memberikan benda-benda yang telah dipersiapkan tadi seperti buku, pensil, pulpen, dll. kepada masing-masing siswa. Siswa kemudian diminta untuk mendeskripsikan benda-benda tersebut. Siswa yang berhasil mendeskripsikan dan menebak benda tersebut dengan benar, dia akan mendapatkan reward atau hadiah.
Untuk
tingkatan intermediate dan advance, guru bisa memperbanyak ungkapan-ungkapan
deskriptive lainnya. Sehingga siswa akan tertantang untuk mengikuti permainan.
Guru juga bisa menggunakan boneka binatang dan meminta siswa untuk
mendeskripsikannya, tentunya dengan deskripsi yang jauh lebih banyak. Tidak
cuma identifikasi secara fisik saja, untuk level advance bisa juga diminta
siswanya untuk mengidentifikasi rasa, bau, dan pemilik benda tersbut (benda
diambil dari siswa lain).
4.
Whisper & Write (W2)
·
Tujuan: Untuk melatih pronunciation dan
writing siswa.
·
Tingkatan: Elementary dan Intermediate
·
Perlatan dan materi: Daftar vocabulary baik
nouns, verbs, adverbs, atau adjectives. Bisa
juga
menggunakan satu kalimat atau clasuse.
Permainan
W2 ini sangat sederhana dan banyak digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris.
Walaupun sederhana, permainan ini cukup menyenangkan. Permainan di mulai
setelah siswa selesai belajar menganai vocabulary baik dari segi penulisan
maupun pengucapannya. Siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A
dan B. Masing-masing kelompok kemudian membentuk barisan. Misalkan saja ada 5
siswa di setip kelompok. Siswa A1 berdiri di dekat papan tulis, kemudian siswa
A2 berdiri disampingnya, begitu juga siswa A3, A4, sampai A5. Begitu juga
dengan kelompok B. Pastikan jarak antar siswa harus lebar agar mereka tidak
bisa
mendengar bisikan temannya.
Permainan
dimulai dengan memberikan beberapa kosakata yang berkaitan dengan materi ke
siswa A5 dan B5. Kemudian dari siswa tersebut, kosakata diberikan ke teman yang
lainnya dengan cara dibisikan; A5 ke A4 dan B5 ke B4. Kegiatan tersebut
berlangsung hingga mencapai siswa yang dekat dengan papan tulis yaitu A1 dan
B1. Siswa A1 dan B1 seelah mereka mendengar kosakata yang dibisikan temanya
langsung menuliskan daftar kosakata yang di dengar di papan tulis. Kelompok
yang paling cepat dan tepat dalam menuliskan kosakata tersebut ialah
pemenangnya. Lakukan permainan tersebut beberapa kali. Kelompok yang
mengumpulkan banyak score akan mendapatkan reward atau hadiah.
Untuk
level intermediate, guru bisa mengunakan satu kalimat utuh atau clausa. Pastikan
kalimat itu manrik dan susah, misalkan "Two witchess watch a football
match by selling their watche."Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar
berikut ini:
Note:
Agar tidak monoton, pastikan guru untuk melakukan rotasi pada masing-masing kelompok. Misalkan siswa A1 yang berdiri dekat papan tulis bisa dirotasi dengan siswa A5, begitu juga untuk siswa-siswa yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar